Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.4Keywords:
Digital Marketing, Bisnis Digital, Era Transformasi, Global, ImplementasiAbstract
Pembahasan ini meliputi manfaat, faktor pengaruh, strategi dan implementasi digital marketing dalam mengambangkan strategi bisnis di era transformasi digital. Digital marketing adalah serangkaian kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital, seperti internet, perangkat seluler, dan platform online lainnya, untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek. Secara keseluruhan, transformasi digital dan digital marketing bekerja bersama untuk membentuk organisasi yang lebih adaptif, terkoneksi secara digital, dan mampu memanfaatkan potensi penuh teknologi dalam mencapai tujuan bisnisnya. Artikel ini menjelaskan bahwa Peran strategis digital marketing merupakan sesuatu hal penting untuk menarik konsumen dan mengarahkannya untuk berkomunikasi secara elektronik dan konvensional. Implementasi digital marketing yang berhasil memerlukan pendekatan holistik, adaptasi terus-menerus, dan respons cepat terhadap perubahan dalam lingkungan digital. Dengan merancang dan menjalankan strategi digital yang efektif, organisasi dapat meningkatkan visibilitas, keterlibatan pelanggan, dan hasil bisnis secara keseluruhan.
References
Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, F. (2022). Implementation Of Digital Marketing In Maintaining MSMEs During The Covid-19 Pandemic Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2283–2291. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.
Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Ningsih, A., Amelia, D., Hurnis, D., Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi, I., & Ahmad Yani No, J. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Menggunakan Konten Dalam Aplikasi Tiktok Untuk Memasarkan Produk UKM Kerupuk Kamang. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(1), 288–294. www.iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas
Nurwidasa Prihatin, P. (2022). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora BUDAYA PEMBELAJARAN DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL Learning Culture in the Era of Digital Transformation. 06(2). https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian
Oktaviani, E., Wasono, A., Prakoso, I., Manajemen, M. M., Jakarta, U. P., Manajemen, D. M., & Jakarta, U. P. (2023). Transformasi Digital Dan Strategi. 16, 16–26.
Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467
Priyono, V. F., & Waluyo, H. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Clean Your Shoes. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 1–6. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/24837
Putri, O. A., & Hariyanti, S. (2022). Review Artikel: Transformasi Digital Dalam Bisnis Dan Manajemen. Proceedings of Islamic Economics …, 1(1), 136–166.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Rochmawati, D. R., Hatimatunnisani, H., Veranita, M., & Pajajaran, P. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital. COOPETITION: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.3076
Safitri, P., & Fajrin, Z. (2019). Strategi Bisnis Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah Kopiah Resam Mentari Kota Pangkalpinang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 61–74. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v20i1.390
Sirodjudin, M., & Sudarmiatin, S. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. EBISMEN: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 1–16.
Sudiantini, D., Ayu, M. P., Aswan, M., & ... (2023). Transformasi Digital: Dampak, Tantangan, Dan Peluang Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital. … Dan Ekonomi, 1(3). https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/view/1115%0Ahttps://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/download/1115/952
Syahputra, R. M. (2021). Digital Marketing Strategy Through Digital Channelsin Promoting Product. Ijisrt.Com, 6(1). https://ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT21JAN220.pdf
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.5
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Konsep Pemasaran Digital Komunikasi Pemasaran Digital Berbasis Umkm Kearifan Lokal Pada Olahan Khas Pontianak Kue Bingka. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, F. (2022). Implementation Of Digital Marketing In Maintaining MSMEs During The Covid-19 Pandemic Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2283–2291. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.
Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Ningsih, A., Amelia, D., Hurnis, D., Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi, I., & Ahmad Yani No, J. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Menggunakan Konten Dalam Aplikasi Tiktok Untuk Memasarkan Produk UKM Kerupuk Kamang. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(1), 288–294. www.iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas
Nurwidasa Prihatin, P. (2022). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora BUDAYA PEMBELAJARAN DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL Learning Culture in the Era of Digital Transformation. 06(2). https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian
Oktaviani, E., Wasono, A., Prakoso, I., Manajemen, M. M., Jakarta, U. P., Manajemen, D. M., & Jakarta, U. P. (2023). Transformasi Digital Dan Strategi. 16, 16–26.
Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467
Priyono, V. F., & Waluyo, H. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Clean Your Shoes. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 1–6. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/24837
Putri, O. A., & Hariyanti, S. (2022). Review Artikel: Transformasi Digital Dalam Bisnis Dan Manajemen. Proceedings of Islamic Economics …, 1(1), 136–166.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Rochmawati, D. R., Hatimatunnisani, H., Veranita, M., & Pajajaran, P. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital. COOPETITION: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.3076
Safitri, P., & Fajrin, Z. (2019). Strategi Bisnis Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah Kopiah Resam Mentari Kota Pangkalpinang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 61–74. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v20i1.390
Sirodjudin, M., & Sudarmiatin, S. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. EBISMEN: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 1–16.
Sudiantini, D., Ayu, M. P., Aswan, M., & ... (2023). Transformasi Digital: Dampak, Tantangan, Dan Peluang Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital. … Dan Ekonomi, 1(3). https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/view/1115%0Ahttps://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/download/1115/952
Syahputra, R. M. (2021). Digital Marketing Strategy Through Digital Channelsin Promoting Product. Ijisrt.Com, 6(1). https://ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT21JAN220.pdf
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.5
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Konsep Pemasaran Digital Komunikasi Pemasaran Digital Berbasis Umkm Kearifan Lokal Pada Olahan Khas Pontianak Kue Bingka. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reggina Wike Anjani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.