Konsep Pemikiran Pendidikan Islam KH. Abdurrahamn Wahid (Gus Dur

Authors

  • Shophan Readi S Institut Dirosah Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.3

Keywords:

Konsep Pemikiran, Pendidikan Islam, KH. Abdurrahman Wahid

Abstract

Penelitian ini mengungkap konsep pemikiran tentang pendidikan Islam ala KH. Abdurrahman Wahid yang menciptakan sebuah model pendidikan Islam yang dapat terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Pendidikan Islam klasik dianggap tidak lagi relevan dalam bentuk aslinya oleh sebagian kalangan, sehingga diperlukan terobosan baru untuk memastikan agar pendidikan Islam klasik tetap sesuai dengan kondisi perkembangan zaman saat ini. Penelitian ini merupakan sebuah tinjauan pustaka yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif tanpa melibatkan data numerik. Metode analisis digunakan untuk mengkaji konsep pemikiran, definisi, serta model pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, dan bentuk atau sistem pendidikan Islam

References

Adiba. (2023). Makna Moderasi Beragama Dalami Perspektif Teladan Nabi Muhammad SAW. MAQOLAT: Journal of Islamic Studies, 1(2), 32–43. https://doi.org/10.58355/maqolat.v1i2.9

Ainayya Husna, Anisa Oktaviana, Fery Fadli, & Mahariah. (2023). Teacher Profession and Professionalism. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 2(3), 140–147. https://doi.org/10.58355/lectures.v2i3.36

Al-Attas, S. M. A.-N. (1992). Konsep Pendidikan dalam Islam Islam. Penerbit Mizan.

Arifuddin, M. dan A. N. (2023). Konsep Pemikiran Pendidikan Islam KH. Abdurrahman Wahid dalam Menghadapi Perkembangan Era Modern. 9(2), 146–162.

Ary, A. P. (2016). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Ghazali. Jurnal Al-Thariqah, 1, 42.

Daradjat, Z. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Faqih Faizal Rahman. (2023). Educators in the Perspective of Islamic Education. Al-Fadlan: Journal of Islamic Education and Teaching, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.61166/fadlan.v1i1.1

Hasan, A. W. (2015). Gus Dur Mengarungi Jagat Spiritual Guru Bangsa. IrciSod.

Ibnu Rusydi, & Mochammad Asep Nurrochmat. (2023). Concepts Of Education In Islamic Perspective (Analysis of Al-Qur’an Verse Al-Mujadalah: 11). AL-IKHSAN: Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.61166/ikhsan.v1i1.4

Mudzakir, A. M. dan Y. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Prenadamedia Group.

Nata, A. (n.d.). Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pendidikan Islam. Skripsi UIN Alauddin Makassar, 40.

Nurhasanah. (2023). Community Service through the Teaching and Learning Movement in Improving the Faith and Morals of Elementary School Students. Community: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 141–147. https://doi.org/10.61166/community.v2i2.22

Prihantoro, A. (2000). Politik Pendidikan; Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan. Pustaka Pelajar.

Roihatul Jannah. (2023). Islamic Education Character Education Concepts. DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.58355/dirosat.v1i1.2

Yasin, A. F. (2008). Dimensi-dimensi Pendidikan Islam. UIN Malang Press.

Zubaidi. (2007). Islam dan Benturan Antar Peradaban. Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Shophan Readi S. (2023). Konsep Pemikiran Pendidikan Islam KH. Abdurrahamn Wahid (Gus Dur. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.3

Issue

Section

Articles